Tentang Poltekpel Barombong

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong merupakan sekolah transportasi dibawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang telah menghasilkan ribuan pelaut handal dan mempunyai daya saing yang tinggi.

Diresmikan oleh Menteri Perhubungan pada tanggal 28 Juni 1980 dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Dasar (BPLPD) dan kemudian diubah namanya menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong, lalu dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI (PM) nomor PM 29 Tahun 2019 tanggal 15 April 2019 berubah menjadi Politeknik Pelayaran Barombong.

Poltekpel Barombong mempunyai Program Diklat Keahlian yang akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi (Certificate of Competency/CoC) yang terdiri dari Diklat Pelaut Pembentukan dan Diklat Peningkatan Keahlian Pelaut. Selain itu, Poltekpel Barombong juga mempunyai Program Diklat Keterampilan (Certificate of Proficiency/CoP) yaitu diklat yang diperuntukkan bagi calon pelaut dan pelaut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan The International Convention on Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (STCW), 1978 amandemen 2010, suatu persyaratan sesuai standar internasional bagi pelaut-pelaut di dunia yang ditentukan oleh International Maritime Organization (IMO).

Dengan visi menjadi perguruan tinggi pelayaran niaga yang profesional, mandiri dan berwawasan global, Poltekpel Barombong yakin dapat menghasilkan pelaut yang berdaya saing tinggi, prima, profesional, beretika dan membanggakan. Beberapa alumni BPLPD/BP2IP Barombong yang sudah berkarya di Kementerian Perhubungan dan juga perusahaan-perusahaan nasional dan internasional.