“PELANTIKAN PERWIRA PELAYARAN NIAGA” Program DP-III,DP-IV Pembentukan dan DP-III,DP-IV,DP-V Peningkatan POLITEKNIK PELAYARAN BAROMBONG

Kepala BPSDM Perhubungan Lantik 618 Perwira Pelayaran Niaga Poltekpel Barombong.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi di bidang pelayaran diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan handal di bidang pelaut yang memenuhi standar nasional dan internasional serta mampu bersaing dipasar global, di awal tahun 2020 ini, Politeknik Pelayaran Barombong kembali meluluskan Perwira Pelayaran Niaga yang dilantik pada Upacara Pelantikan Perwira Pelayaran Niaga di Lapangan Canopus Kampus Poltekpel Barombong, pada Rabu, (19/2).

Perwira Pelayaran Niaga yang dilantik berjumlah 618 orang yang terdiri dari 94 orang lulusan Program Diklat Pelaut (DP) Tingkat III Pembentukan, 241 orang lulusan Program DP-IV Pembentukan, 70 orang lulusan Program DP-III Peningkatan, 126 orang lulusan Program DP-IV Peningkatan, dan 87 orang lulusan Program DP-V Peningkatan.

Rintik hujan tidak menyurutkan semangat para Perwira Pelayaran Niaga yang dilantik, begitu pula dengan Kepala Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Perhubungan Kementerian Perhubungan Ir. Sugihardjo, M.Si yang bertindak sebagai inspektur upacara yang tetap bersemangat.

Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada para Perwira Pelayaran Niaga bahwa kualitas kompetensi dan keunggulan daya saing merupakan kekuatan kunci dalam memenangkan dan merebut pasar global yang sangat ketat.

“Perlu saya ingatkan bahwa Pelantikan ini bukanlah tujuan akhir, akan tetapi merupakan awal dari perjalanan karier saudara, tuntutan kualitas kompetensi dan keunggulan daya saing merupakan kekuatan kunci dalam memenangkan dan merebut pasar global yang sangat ketat yang selalu ada dihadapan saudara, untuk itu perlu adaptasi secara terus menerus terhadap perkembangan ilmu dan teknologi di bidang pelayaran, yang berkembang sangat pesat serta didukung dengan peningkatan kemampuan diri dalam berkomunikasi yang handal.” ujarnya.

Kepala BPSDM Perhubungan juga mengingatkan bahwa saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur transportasi guna melayani kebutuhan masyarakat serta mengejar ketinggalan dari negara maju. Ada beberapa hal yang menjadi prioritas utama dalam program pemerintah yaitu peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta mendorong link and match antara industri dengan pendidikan vokasi.

Upacara Pelantikan Perwira Pelayaran Niaga yang pertama kali digelar di Kampus Poltekpel Barombong setelah berubah kelembagaan menjadi Politeknik ini dihadiri pula oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, kepala-kepala UPT di lingkungan BPSDM Perhubungan dan lingkungan Kementerian Perhubungan, direktur BUMN, dan juga relasi Poltekpel Barombong.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPSDM Perhubungan juga meresmikan monumen Pakappala’ Barania (Pelaut Pemberani), monumen berjenis surealis abstrak ini dibuat untuk menghargai dan menghormati semangat bahari dan pelayaran dari masyarakat Sulawesi Selatan serta sebagai tonggak berubahnya BP2IP Barombong menjadi Politeknik Pelayaran Barombong, dan juga berkesempatan untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan flat hasil kerjasama Program Pengembangan Organisasi (PPO) dengan bank BTN cabang Makassar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *